Pelatihan Keagamaan Santri Ashar Mengaji di Masa Covid 19 (kkn-dr-plus-uinsuskariau2020)

Pulau Kijang, 28 Juli 2020 


ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKAATUH

Foto bersama Pengurus Ashar Mengaji Mushallah An - Nur Pulau Kijang


        Kelurahan Pulau Kijang Kec. Reteh Kab. Indragiri Hilir Pro. Riau adalah salah satu daerah yang pemerintahannya cukup sigap dalam menangani pandemi Covid 19 yang sedang terjadi. Demi mematuhi protokol kesehatan pada saat pandemic Covid 19 seluruh aktivitas belajar mengajar di sekolah diliburkan. Para siswa dan siswi disarankan untuk belajar mandiri dirumah.


Namun tidak dengan aktivitas belajar Al Quran di Mushallah An-Nur yang biasa dilaksanakan pada sore hari setelah shalat Ashar, karena dinilai tidak terlalu melibatkan banyak orang dan anak – anak yang belajar disana diperkenalkan mengenai protokol kesehatan pada saat pandemi Covid 19 seperti memakai masker dan menjaga jarak, maka aktivitas ini tetap berlangsung sebagaimana biasanya. Mempertimbangkan pula Kelurahan Pulau Kijang masih dalam keadaan Zona Hijau.


Meskipun aktivitas belajar di Mushallah An – Nur tetap berjalan, para siswa dan siswi tentunya masih memiliki banyak waktu luang, terutama untuk siswa di tingkat SD (Sekolah Dasar) karena sebagian besar waktu mereka hanya dihabiskan untuk bermain, terutama jika orang tua mereka kurang memperhatikan aktivitas anak-anak mereka.


Melihat banyaknya waktu luang yang dimiliki oleh para siswa dan siswi yang belajar Al – Qur’an di Mushallah An – Nur Pulau Kijang, oleh karena itu saya berserta teman – teman KKN DR PLUS lainnya bekerja sama dengan pengurus Kegiatan ashar Mengaji berinisiatif untuk menambah kegiatan belajar diluar kegiatan utama, yang diberi nama “Pelatihan Keagamaan Santri Ashar Mengaji Mushallah An-Nur Pulau Kijang”. Adapun bentuk pelatihannya berupa: Pidato keagamaan, Azan dan Tahfidz Iqra'.


Salah satu santri tampil untuk membacakan hafalan ayat Al - Qur'an


            Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Adapun tempat dilaksanakan kegiatan Perpelatihanan Keagamaan ini adalah di Mushallah An-Nur Pulau Kijang Kec. Reteh Pro. Riau.

Waktu Pelaksanaan

Perpelatihanan Keagamaan ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 Juli 2020 (Sabtu-Minggu) Pukul 09.00 s/d selesai.

Anak – anak yang mengikuti kegiatan sekitar 20 orang termasuk pelatih dan mahasiswa KKN.



Persiapan

Manfaat Kegiatan yang dilakukan

      •  Meningkatkan kepercayaan diri anak – anak
      •  Mengembangkan potensi yang dimiliki anak – anak dalam hal Tahfidz Qur’an,   berpidato, dan azan.
      •  Menambah kreativitas dan keberanian anak – anak khususnya dalam hal berpidato,     azan.

 Permasalahan yang Dihadapi

Dalam melaksanakan kegiatan ini beberapa permasalahan yang dihadapi adalah:

      • Keterbatasan gerak sesama melaksanakan kegiatan, karena harus memenuhi protokol kesehatan di masa pandemi. Solusinya, sebelum kami memulai acara kami menjelaskan kepada anak – anak mengenai protocol kesehatan covid-19 yang harus dipatuhi selama melakukan kegiatan ini.
      • Keterbatasan peserta karena tidak dibolehkan mengumpulkan peserta/orang terlalu banyak. Solusinya kami hanya melatih anak – anak yang bertempat tinggal di sekitaran Mushallah.



 Tim Penulis : Amaliah, Fitria Noer, Dewi dan Nur Fajria

 Mahasiswa KKN:  Amaliah

Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kuliah Kerja Nyata Mandiri Dari Rumah Plus 2020 (KKN DR PLUS 2020) 

Dosen Pembimbing Lapangan : YESSI NESNERI, SE.MM

 





Komentar

Posting Komentar